Senin, 06 Januari 2014

BUKAN GILA KERJA... TAPI KERJA, GILA..!!

"Apakah kalian yakin sudah sangat mengenal diri sendiri?"

Bisa dibilang selama 4 tahun kuliah, sebagian besar temanku adalah anak-anak Fakultas Psikologi, bukan Accounting padahal aku sendiri lulusan Accounting. Dan thank's for all of them, berkat sharing, diskusi, bahkan selalu jadi kelinci penelitians (*penelitian+s < kata kerja jamak), aku bisa mengenal diriku dengan sangat baik.

Super Personality Plus
by  Been Rafanany
Dari 4 Kepribadian yang sudah banyak dibahas di berbagai buku psikologi, aku nyata-nyata adalah kombinasi Koleris-Melankolis (*atau Dominan-Cermat di DISC). Agak menyeramkan, menurut banyak orang karena orang jenis ini adalah pemimpin yang selain penuntut dan ambisius, dia juga perfeksionis, dll.

Apapun itu, setiap kepribadian selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Aku sangat menyarankan kalian baca berbagai buku tentang ini. Sangat membantu kehidupan sosial kita, kecuali kalian emang "nerd" atau penderita heliophobia (*yang ga akan pernah keluar rumah karena takut sinar matahari)

Yang bikin aku kaget adalah saat baca buku "Super Personality Plus" by Been Rafanany, di halaman 25 dia bilang Koleris-man itu "gila kerja" (#can't watch).

Apakah aku termasuk gila kerja? Enggak lah...!!
  • Emang bener waktu baru resign dari pekerjaan pertama dan sempat nganggur 1 bulan, rasanya seperti ga punya harga diri
  • Lagian aku cuma kerja ±12 jam sehari
  • Belakangan emang sakit, badan meriang juga, tapi pas di kantor sembuh... mangkanya gada yang pernah percaya kalo aku update status #sick. Jadi daripada ke dokter bayar mahal, mending ke kantor aja kan kalo mau sembuh?
  • Sempet sih pas orang-orang kantor nggak ngasi kerjaan, pengen resign aja... buat apa digaji tapi diem-diem kayak orang bloon, ga berguna
  • Karena kerja bukan buat cari duit, tapi eksistensi diri
  • Dan kalo bos nambahin kerjaan kita tuh berarti mereka percaya sama kita
  • Semakin banyak kerjaan kita > semakin besar bargaining power kita
  • Ga masalah kalo sekarang disuruh-suruh hal yang menurut orang ga penting & ga material, sini kita kerjain semua > suatu hari aku akan menguasai semua operasional perusahaan
Personality Plus by Florence Littauer
  • Ada patner yang malas, mantap gan...!! Kalian juga melihatnya sebagai kesempatan kan? Ambil aja kerjaannya, bisa dijadiin credit poin buat kita tu
  • Bukannya menyenangkan saat nama kalian selalu dipanggil di semua kejadian?
  • Mulai dari yang paling remeh (*dimana berkas ini/berkas itu?) sampai yang paling penting (*laporan aset beres? Audit BI/Delloite aman?). Si Bos tidak peduli lagi dengan detail teknis kita, dia percaya kita bisa mengatasi semuanya dan hanya menanyakan kesimpulan.
......... Dan setelah kubaca lagi. Yeah, aku rasa aku memang Koleris-man seperti kata Been Rafanany.

Super Highly Recommended buat kalian baca "Personality Plus"by Florence Littauer, terakhir aku baca punya Eva... sebelum buku itu hilang dicuri. ^^

2 komentar:

  1. Wah, Mer... Tertarik Psikologi juga...
    Coba deh tes psikologi yang lain... Baru-baru ini aku nyoba MBTI... Hasilnya: Aku INTP (Introvert, INtuition, Thinking, Perceiving)...

    BalasHapus
  2. Jadi, MBTI ngebagi kepribadian jadi 16 jenis, kombinasi dari:
    Ekstrovert-Introvert
    Sensing-Intuition
    Feeling-Thinking
    Judging-Perceiving

    Coba tesnya di http://www.16personalities.com/free-personality-test
    Cari tahu lebih lanjut di http://www.truity.com/view/types

    Kabarin ya kalo udah nyoba :)

    BalasHapus